Kamis, 23 Juni 2016

Pengaruh Oligarki Penguasa Terhadap Penganggulangan HIV-AIDS Di Indonesia

Oligarchy Authority Effect of HIV-AIDS in Indonesia
Husaini 1
1Program Studi S1 dan S2 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan 70714 (husainifawaz@yahoo.com, 085878546167)
ABSTRAK
Peningkatan kasus HIV-Aids di Indonesia terus meningkat di berbagai daerah dan menjadi bencana umat manusia. Tujuan dan manfaat kajian ini adalah memberikan informasi kepada berbagai pemangku kepentingan akan peran Kepala Daerah dan perilaku politikus serta pengusaha lokal di era otonomi dan demokrasi ala Indonesia terhadap penanggulangan dan pencegahan penyebaran penyakit HIV-Aids. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian jenis kualitatif diskripsi, data bersumber dari observasi peneliti dari tahun 2010 sampai 2015 di daerah Provinsi Kalimantan Selatan tentang kebijakan kepala daerah, politikus, performa LSM Peduli HIV-Aids, Kinerja KPA dan performa perilaku pejabat daerah dan politikus, kemudian semua data dianalisis secara kualitatif diskripsi dan dikomparasikan dengan studi literatur yang berhubungan dengan kajian ini. Hasil studi menunjukkan adanya fenomena oligarki kekuasaan yang bermentalkan rent-seeking (berburu rente) akibat dari sistem demokrasi yang sangat mahal, sehingga kebijakan yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah tidak untuk kebutuhan publik, terutama untuk Pencegahan dan Penanggulan HIV-Aids yang dianggap tidak menguntungkan secara cepat bagi Kepala Daerah dan kroninya. Kesimpulan studi adalah Pencegahan dan penanggulan HIV-Aids tidak cukup hanya dengan komitmen dan peraturan yang ada, akan tetapi perubahan mendasar dari sistem demokrasi kita selama ini yang sangat mahal, dan justru melahirkan pemimpin bermental korup dan rent seeking.
Kata kunci: Oligarki penguasa, pencegahan dan penanggulangan, HIV-Aids

ABSTRACT
HIV/AIDS cases in Indonesia continues to increase in many areas and into the disaster. The objective and benefit this study is to information provide the stakeholders of the role of local authorities and the politicians of behavior and local businessmen, decentralization and democracy a Indonesia on mitigation and prevention of the spread of HIV-Aids. The study is qualitative research approaches types of descriptions, the data derived from observation researchers from 2010 to 2015 in districts of Kalimantan Selatan province with data policyand behavior local authorities and politics, performance NGO care HIV-Aids, commission Aids prevention, then data analyzed qualitative descriptions and literature comparative related to this study. Results this study is the oligarchy of authorities a phenomenon that rent-seeking mentally cause the result of a democratic system that is very expensive, so the policies issued by the local authorities is not for public needs, especially for the Prevention and mitigation HIV-Aids are considered unfavorable fast for the local authorities and his cronies. Conclusions are Prevention and mitigation HIV-Aids is not enough just to commitments and regulations, but a fundamental change of our democratic system has been very expensive, which it gave birth to a mentally corrupt leaders and rent seeking.
Keyword: Oligarchy, prevention and mitigations, HIV-Aids

0 komentar:

Posting Komentar